• MANPK Jombang
  • manpk.jombang
  • manpk.jombang

Our Agenda

Language Fair 2024

MANPK Jombang kembali menggelar language fair untuk yang kedua kalinya, sama seperti tahun sebelumnya pada tahun ini MANPK Jombang berkolaborasi dengan Al-Madienah. Pada kegiatan ini berbagai penampilan di tampilkan dengan bermacam bahasa, bahkan tidak ada penampilan yang menggunakan bahasa indonesia. Seluruh penampilan menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kebahasaan santri MANPK Jombanag juga Al-Madienah. Language fair juga menjadi salah satu kegiatan pembelajaran bahasa asing bagi para santri yang menuntut kreatifitas setiap santri baik dari MANPK Jombang maupun Al-Madienah.

Terdapat beberapa perbedaan pada language fair tahun ini dengan tahun sebelumnya, yaitu pada salah satu penampilan yang ditampilkan. Pada language fair kedua ini terdapat 7 penampilan yaitu speech, khithobah, story telling, taqdimul qishoh, singing, ghina’ dan drama musikal, Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2024, tidak berlangsung terlalu lama namun sangat berkesan bagi semua yang mengikutinya. Terlihat dari wajah para santri yanag menandakan kebahagiaan dan kegembiraan, hingga pecah sorak mereka di lokasi kegiatan. Para santri yang menjadi panitia kegiataan ini sudah merancang dengan sebaiak mungkin, mempersiapkannya jauh hari sebelum acara ini di gelar. Hingga mereka harus membagi waktu mereka untuk kegiatan ini dan kegiatan lainya,

Tidak hanya dihadiri oleh para santri dari kedua pondok namun juga dihadiri oleh para masyayikh dan dhuriyah kedua pondok. Suksesnya kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan beliau-beliau. Ada Gus Nawa, Gus Fafa, dan Ustadz Ganjar yang selalu mendampingi para panitia dalam mempersiapkan kegiatan ini. Walaupun beliau memiliki kesibukana lain, beliau masih menyempatkan waktu untuk membimbing para santri agar kegiatan ini berjalan dengan lancar. Language fair  banyak memberikan dampak positif bagi para santri, selain meningkatkan kebahasaaan santri kegiatan ini juga memberi ruang bagi santri yang berbakat untuk menuangkan bakatnya dan menunjukanya kepada banyak orang.

Serta melatih santri untuk percaya diri saat tampil didepana khalayak ramai. Pada language fair kali ini kami mengangkat tema”إن الدنيا مدينة العلم واللغة بابها” yang berarti “Sesungguhnya dunia itu kota ilmu dan bahasa adalah pintunya”. Melalui tema yang kami angkat ini menunjukan betapa pentingnya bahasa dalam kehidupan sehari, tidak dapat kita pungkiri hal kecilpun tidak bisa kita lakukan jika kita tidak mengerti bahasa yaitu berkomunikasi. Dan seharusnya kita tidak hanya mempelajari bahasa kita sendiri (nasional) namun juga mempelajari bahasa internasional, karena jika kita bertempat dinegara orang lain maka kita tidak dapat berkomunikasi kecuali dengan bahasa internasional.

Kegiatan ini diawali dengan penampilan dari beberapa santri yaitu parade baris berbaris, dan dilanjutkan dengan acara seperti umumnya setelah itu dilanjutkan dengan penampilan-penampilan para santri mulai dari speech sampai singing, dan penampilan terakhir yaitu drama musikal yang mana pada tahun ini santri MANPK Jombang berkolaborasi dengan santri Al-Madienah dalam satu drama yang berjudul “Sangkuriang”. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan koreografi para santri MANPK Jombang dan AL-Madienah yang membentuk huruf L dan F lalu membunyikan jargon bersama-sama “By the collaboration we are together forever being excellent”.

Sampai jumpa ke the next language fair 2025.

The champion: menjunjung tinggi sportivitas, tunjukkan semangat jadi juara

Dalam dunia olahraga, ada satu kegiatan yang menjadi sorotan setiap semesternya, The Champion. Acara ini tidak hanya sekedar kompetisi, tetapi juga sebuah ajang untuk menunjukkan potensi atas semangat para santri dalam dunia olahraga. Di bawah naungan divisi kesehatan, The Champion telah menjadi platform yang memperlihatkan sikap sportivitas dan kolaborasi di antara para santri.

The Champion bukan hanya tentang kemenangan, tetapi juga tentang menemukan potensi terbaik dalam diri kita. Setiap santri yang berpartisipasi telah menunjukkan semangat mereka dalam mengikuti acara ini. Yang merupakan panggung bagi mereka untuk menunjukkan potensi yang mereka miliki dalam dunia olahraga. Tidak semua santri mengerti olahraga, dan disini devisi kesehatan menyediakan tempat untuk para santri agar lebih mengenal dan setidaknya tau tentang olahraga.

The Champion tidak hanya diikuti oleh santri-santri yang menyukai olahraga, tetapi diikuti oleh seluruh santri. Ini adalah kesempatan untuk para santri belajar juga besenang-senang dalam dunia olahraga, dan melepaskan sejenak rasa jenuh para santri dalam belajar. The Champion mendorong solidaritas dan sportivitas para santri. Karena disini mereka tidak bermain secara sendirian atau per-orangan, tetapi berkelompok.

The Champion tidak didasarkan pada prestasi santri, tetapi juga pada kolaborasi yang erat antar kelompok dan semangat bersama. Dengan menjadi wadah untuk para santri menunjukkan potensinya dalam bidang olahraga. Keterlibatan para santri dalam acara ini mencerminkan komitmen kita untuk mendukung pengembangan olahraga santri.

Dengan demikian, The Champion bukan hanya sebuah kegiatan  olahraga, tetapi  juga untuk mengajarkan santri tentang pentingnya  Kerjasama dalam berkelompok. Dalam semangat persatuan dan semangat persaingan yang sehat.